Beranda Pembangunan GSC Pekat Gelar Pelatihan Media Komunitas

GSC Pekat Gelar Pelatihan Media Komunitas

88
Pelatihan Media Komunitas GSC Kecamatan Pekat yang digelar di aula kantor Camata Pekat Foto Fahar intirakyat.com

PEKAT, intirakyat.com – Program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) di Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu Prvinsi NTB melalui program pelayanan sosial dasar masyarakat menggelar Pelatihan Media Komunitas di Aula Kantor Camat Pekat.

Pelatihan yang bertajuk “Pengembangan Media Komunitas” di Kecamatan Pekat Tahun Anggaran 2017 ini dilaksanakan pada

Salah satu peserta pelatihan Media Komunitas Kecamatan Pekat perwakilan dari Desa Nangamiro Ikraman
(foto fahar intirakyat.com)

Jum’at (8-9/12/2017) dan dibuka secara langsung oleh Camat Pekat yang diwakili oleh Kasi Kesejahteraan Sosial M. Arifuddin, S.Km.

Arifuddin mengatakan pentingnya menginformasikan kegiatan kepada publik di desa itu sendiri, juga sebagai bentuk publikasi informasi kepada masyarakat luas. Ia berharap agar dengan pelatihan ini dapat mendorong partisipasi, swadaya dan akses warga terhadap kegiatan pembangunan melalui media komunitas maupun media cetan dan elektronik yang bersifat umum.

Kegiatan pelatihan media komunitas ini diikuti oleh pendamping lokal, sekretaris desa, KPMD, perwakilan PKK dan para kepala dusun, Organisasi pemuda, kader posyandu di kecamatan.

Baca :   Bantu Masyarakat Tidak Mampu, BPJS dan Baznas Tekan MoU

“Pelatihan media komunitas ini merupakan langkah awal kita untuk membentuk komunitas jurnalistik bagi masyarakat desa-desa di Pekat,” katanya.

Pelatihan pengembangan media komunitas ini juga merangsang masyarakat untuk mau belajar menulis, dan catatan lainnya dalam bentuk kaidah penulisan jurnalistik.

Pelatihan tersebut melibatkan Pimpinan Umum Koran harian Umum Inti Rakyat dan Inti Rakyat.com Fahrudin alias Syam, dengan menggunakan metode diskusi dan praktek penulisan berita dan artikel.

“Pelatihan pengembangan media komunitas ini sangat penting untuk mendorong warga desa untuk mengekspresikan gagasan, pikiran dan pengalaman dalam media komunitas. Juga meningkatkan minat baca, minat diskusi dan minat menulis warga desa, ” Jelasnya.
Syam berharap dari hasil pelatihan media komunitas tersebut, masyarakat di di setiap desa dan di Kecamatan Pekat mampu membentuk wadah media komunitas di Desa dan Kecamatan yang berisikan laporan-laporan serta tulisan dari masyarakat sekitar.

Baca :   Bupati Dompu Kembali Dapat Penghargaan

Ikraman salah satu peserta media komunitas yang mengikuti pelatihan tersebut menyatakan senang mendapatkan ilmu baru berkaitan dengan dunia pers.

“Saya senang, dengan pelatihan ini kami di desa dapat mengenal lebih jauh sarana pembelajaran masyarakat, tentang teknik sosialisasi yang efektif dengan menggunakan media lokal. Dengan kegiatan ini kami juga bisa belajar menulis berita di desa,” jelas dia.

Ikraman juga mengaku melalui pelatihan ini, masyarakat desa menjadi bisa lebih mengerti bagaimana cara mengkritisi setiap persoalan yang terjasi di desa masing-masing dan mampu menulis setiap program unggul serta potensi desa yang ada.

“Banyak manfaat yang bisa kami dapat dari pelatihan ini,” ungkap Ikraman dengan penuh semangat. Ikraman juga perharap pelatihan jurnalistik selama dua hari tidak cukup, Dia berharap pelatihan yang sama juga kembali diadakan di setiap desa. (ir.1*)

BERBAGI