Beranda Parlemen Bicara GMHK Kembali Dialog dengan PT. STM di Fasilitasi Pansus Dewan

GMHK Kembali Dialog dengan PT. STM di Fasilitasi Pansus Dewan

111

DOMPU, intirakyat.com – Gerakan Masyarakat Kecamatan Hu’u (GMKH) Kabupaten Dompu, Provinsi NTB, Rabu (28/8/2019) kembali berdialog dengan PT. Sumbawa Timur Minning (PT. STM) Kabupaten Dompu. Dialog yang berlangsung di aula rapat kantot DPRD Dompu ini, di fasilitasi secara langsung oleh Pansus investasi dan Pansus lingkungan hidup DPRD Dompu.

Ketua Pansus Lingkungan Hidup Ikwayudin AK, melalui dialog tersebut menilai bahwa PT. STM telah menghianati masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Dompu. Dia menyebut, GMKH saat ini dinilai telah bergerak atas kepentingan masyarakat Dompu.

“Kami menilai PT. STM telah meposisikan diri sebagai penjajah baru di Dompu. Masyarakat Dompu tidak sekalipun menolak tambang karena meyakini bahwa tambang bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat Dompu,” ujarnya.

Ikwayudin juga menyebut,
GMKH sebagai masyarakat telah menunjukkan sikap yang baik dengan membuka pemblokiran aktivitas PT. STM.

Baca :   PRD Sesalkan Ketidakhadiran DPRD dan Para Pihak Dalam Rapat

“Namun pihak STM tidak menunjukkan sikap yang baik terhadap tujuh komitmen yang telah disepakati sebelumnya,” ungkapnya.

Disela waktu, Ketua Pansus investasi H. Didi Wahyudin meminta kepada pihak PT. STM agar pada pertemuan mendatang agar Presiden direktur PT. STM hadir di DPR.”Kami minta agar PT STM bisa koperaktif,” pintanya.

Disela waktu juga, Anggota Pansus DPRD Dompu, Ismul Rahmadin mengatakan, bahwa perintah UUD 45 dalam pasal 33 berbunyi bahwa seluruh kekayaan Bumi, Air dan tanah dimanfaatkan sebesar-besarnya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Intinya Pansus memberi tambahan waktu selama 7 hari kedepan kepada PT. STM untuk hadir dan menyelesaikan seluruh komitmen yang telah disepakati,” ujarnya.

Ismul mengancam, jika dalam 7 hari kedepan tidal bisa dilaksanakan, maka GMKH dan Pansus dewan akan menyegel seluruh aktivitas PT. STM.”Jika ini tidak selesai juga, maka PT STM siap siap saja untuk menerima resiko,” ancamnya.

Baca :   Masih Ada Harapan Dompu Dapat APBD Perubahan

Sementara itu, Perwakilan PT. STM menjelaskan, terkait dengan beberapa poin kesepakatan yang buat PT. STM telah berkoordinasi dengan Pansus Dewan dan Pemerintah serta GMKH.

“Dari delapan poin tuntutan GMKH PT. STM telah menyanggupinya, jikapun ada masalah yang terjadi itu hanya berupa miskomunikasi saja,” jelasnya.

Sebelumnya, dalam pertemuan ini disepkati bahwa Pansus dewan akan kembali mengundang PT. STM dan GMKH untuk penandatanganan kesepakatan. Tidak hanya itu, Ikwayudin AK akan melaporkan PT. STM terkait pengerusakan Situs Doro Puma yang menjadi aset pemerintah.

Bahkan Sabtu pekan ini, masyarakat dan pansus dewan akan turun melihat secara langsung kondisi situs doro puma.(IR3)

BERBAGI