Beranda Kesehatan Gaji Tenaga Kesehatan Dibayar Satu Kali Dalam Setahun ?

Gaji Tenaga Kesehatan Dibayar Satu Kali Dalam Setahun ?

111

DOMPU, intirakyat.com – Selain nilai gaji sangat minim (RP 253 perbulan), ternyata pembayaran gaji tenaga kesehatan yang berstatus Honorer Daerah dan Dinas (SK Honda dan SK Dinas) yang seharusnya dibayar setiap bulan, namum dibayar satu kali dalam satu Tahun.

“Gaji mereka yang SK Honda dan SK Dinas dibayar sekaligus dalam satu tahun. Seperti Tahun 2018 kemarin Gaji mereka semuanya di bayar akhir bulan Desember melalui dana APBD murni, dengan hitungan gaji mulai bulan Januari sampai Desember,” ujar Kasubag Keuangan Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu, M. Amin Hakim, saat diwawancarai wartawan ini diruang kerjanya, Selasa (16/7/2019).

Baca :   Tak Hanya Rabies, Dompu Kini Diserang Demam Berdarah

Amin menyebut, keterlambatan pembayaran gaji para tenaga kesehatan tersebut, bukan karena terkendala oleh ketersediaan anggaran. Akan tetapi kata Dia, itu disebakan oleh terlambatnya pengeluaran perpanjangan SK mereka.

“Kalau SK itu diperbahrui tiap tahun. Jadi kalau SKnya cepat terbit, maka gaji mereka bisa segera dibayar. Sebaliknya kalau belum ada SK perpanjangannya, maka tentu gajinya belum bisa dibayar,” jelasnya.

Mengenai pembayaran gaji mereka, lanjut Amin, itu dibayar langsung oleh bendahara pengeluaran di kantor Dikes.

“Untuk Tahun 2019 ini, gaji mereka sudah di bayar akhir bulan Juni, dengan hitungan 6 bulan (Januari sampai Juni) dan untuk sisa gajinya kemukinan akan dibayar bulan Desember Tahun 2019. Jadi pembayaran gaji tahun ini dilakukan dua kali,” terangnya.

Baca :   Niat Mencabut Gigi, RSUD Raba Bima “tolak” Pasien BPJS

Lebih jauh Amin menjelaskan, ketersediaan anggaran untuk pos pembayaran gaji tenaga kesehatan, tetap ada dan disimpan di Bank NTB selaku Bank mitra pemerintah.

“Ya, kalau SK mereka belum keluar, tentu anggarannya belum bisa dicairkan. Dan terpaksa anggarannya ngendap beberapa bulan di bank setempat,” Katanya.(IR3)

BERBAGI