Beranda Pembangunan Entaskan Kemiskinan, DTP Genjot Program

Entaskan Kemiskinan, DTP Genjot Program

33
Foto Rul/www.intirakyat.com Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu Drs Burhanuddin HM

Dompu, intirakyat.com – Dalam rangka menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Dompu Provinsi NTB, Dinas Tanaman Pangan (DTP) Kabupaten Dompu, terus menggejot kinerjanya melalui program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satunya, melakukan pemberdayaan kelompok masyarakat melalui kegiatan dalam bidang tanaman pangan.

Kepala DTP Kabupaten Dompu Drs Burhanuddin HM mengatakan, di tahun 2017 lalu, ada beberapa program yang bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Dompu yang sudah menjadi program rutin pihaknya setiap tahun.

“Intinya semua program yang ada untuk mengurangi angka kemiskinan,” ujar Burhanuddin, saat di wawancarai wartawan di ruang kerjanya, Senin (29/1).

Burhanuddin menyebutkan, kegiatan – kegiatan itu antaralain membantu para kelompok masyarakat terutama dalam hal pemberian modal, alat – alat pendukung dan bantuan lainya yang terangkum dalam Program Keluarga Harapan (PKH).”Alhamdulillah, Tahun 2017 kemarin ada 20 lebih kelompok PKH yang di bantu. Dan Tahun ini (2018,Red) ada peningkatan jumlah yang dianggarkan dari APBD II dan dana dekon,” jelasnya.

Baca :   TMMD 104 Tahun 2019, KODIM 1614/Dompu Gelar Upacara Pembukaan

Dikatakan Burhanuddin, mengenai final Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) Tahun 2017 masih diproses oleh pihaknya, sehingga dalam waktu dekat ini akan ada rapat internal DTP guna meng-optimalkan.”Intinya nanti akan ada tindak lanjut untuk mengoptimalkan finalisasi terhadap item tersebut,” terangnya.

Lebih jauh Burhanuddin, memaparkan bahwa di tahun 2018 ini pihaknya akan memberikan berbagai bantuan kepada kelompok masyarakat. Hal itu dilakukan kata Dia, agar mereka bisa memanfaatkan halaman rumah, kebun dan lainya untuk ditanami berbagai tanaman palawija seperti Cabe, Terong, Tomat serta tanaman lainya yang nantinya bisa di jual.

“Alhamdulillah, dari hasil monitoring kami di lapangan asas manfaat dari bantuan-bantuan ini sangat bermanfaat bagi para kelompok masyarakat. Terutama dalam hal menambah pendapatan ekonomi mereka,” katanya.

Baca :   ARIS MARTONO : Bupati Dompu Pemimpin Yang Visioner

Program pemberian bantuan ini pun lanjut Burhanuddin, tetap dilanjutkan setiap tahunnya. Terutama bagi para kelompok masyarakat yang sudah terbentuk, juga bagi para calon kelompok yang nantinya akan di bentuk lagi (tambahan kelompok baru,Red).

“Kami juga memotivasi para kelompok dari segi pengolahan tanaman rakyat. Misalnya Jagung, Singkong, Kedelai dan tanaman lainya. Nanti pengolahan ini akan terbentuk seperti Kedelai di olah menjadi tepung, Kacang ijo bisa dibuat menjadi jajan makanan, Jagung bisa diolah menjadi jus, dodol dan makanan lain,” paparnya.

Menurut Burhanuddin, apabila pengolahan berbagai hasil tanaman rakyat ini pun tentu akan meningkatkan nilai jual.”Hasil dari pengolahan ini nanti akan di titipkan oleh para kelompok ke rumah-rumah makan dan tempat lain,” tuturnya.(IR3)

BERBAGI