Beranda Hukum Dugaan Penyelewengan dan Penggelapan Gaji Guru, Kepala SMAN 3 Kilo Dilaporkan ke...

Dugaan Penyelewengan dan Penggelapan Gaji Guru, Kepala SMAN 3 Kilo Dilaporkan ke Kejaksaan

402

DOMPU, intirakyat.com – Dua orang guru SMA Negeri 3 Kilo (Adi Sucipto S.Pd dan Ardi Hartanto S.Pd), Senin (2/9/2019) secara resmi melaporkan Kepala SMAN 3 Kilo Kabupaten Dompu, HNR (nama inisial). Kepsek ini dilaporkan atas dugaan penyelewengan dan penggelepan gaji (insentif) guru SMAN 3 Kilo sebesar RP 100 lebih Juta Tahun 2019.

“Kami tadi Senin (2/9/2019) resmi melaporkan Kepala SMAN 3 Kilo (HNR),” ungkap Guru SMAN 3 Kilo (pelapor), Adi Sucipto, kepada wartawan, Senin (2/9/2019).

Adi menyebut, alasan pihaknya melaporkan Kepala SMAN 3 Kilo atas dugaan penyelewenangan dengan cara memanipulasi data guru penerima insentif dari Provinsi NTB dan penggelapan keuangan yang merugikan guru non PNS SMAN 3 Kilo sebesar Rp 113.640.000.

Baca :   StreetScore scores a street view based on how safe it looks to a human

Tidak hanya itu, yang bersangkutan (Kepala SMAN 3 Kilo) juga melakukan beberapa dugaan pelanggaran antaralain, pemotongan insentif guru yang seharusnya diterima berjumlah sesuai dengan jumlah jam pelajaran yang dihitung Rp 40 ribu per-Jam mata pelajaran berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB nomor : 188.4/144.UM/Dikbud tanggal 4 Maret 2019.

“Setiap pembagian insentif guru, wakasek umum dan operator sekolah yang menyerahkan honor guru tersebut. Pengajuan jumlah jam yang diusulkan oleh sekolah untuk mendapatkan insentif provinsi tidak sesuai dengan jumlah jam yang diterapkan di sekolah dan Disaat pembagian insentif guru, tidak pernah diperlihatkan slip penarikan insentif guru dari Bank yang bersangkutan,” bebernya.

Baca :   Praperadilan Kasus CPNS K-II Dompu, Polda NTB Ngaku Sudah Laporkan Hasilnya ke Mabes Polri

Lebih jauh Adi menegaskan, guru yang merasa dirugikan akibat tindakan penyelewenangan dan penggelapan yang dilakukan oleh terlapor (Kepala SMKN 3 Kilo) sebanyak 10 orang.”Dan ini juga dijadikan bukti sebagai dasar laporan mengenai kasus yang kami laporkan,” terangnya.

Sementara itu, sampai berita ini dipublis, Kepala SMAN 3 Kilo Dompu, HNR, belum berhasil diwawancarai.(IR3)

BERBAGI