Beranda Hukum Dugaan Penyalagunaan ADD/DD, LSM BAPEKA Laporkan Oknum Kades Wawonduru

Dugaan Penyalagunaan ADD/DD, LSM BAPEKA Laporkan Oknum Kades Wawonduru

393

DOMPU, intirakyat.com – Lembaga Swadaya Masyarakat Badan Pemantau Kebijakan Daerah (LSM – BAPEKA) Kabupaten Dompu, Selasa kemarin (18/6/2019) melaporkan secara resmi oknum Kepala Desa (Kades) Wawonduru, Kecamatan Woja, Dompu. Kades yang berinisial AF ini, dilaporkan atas dugaan penyalahgunaan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD-DD) sebesar RP 175 Juta lebih, Tahun 2018.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Badan Pemantau Kebijakan Daerah (LSM – BAPEKA) Kabupaten Dompu, Ahmadin alias Bodan, kepada wartawan mengaku, sudah melaporkan oknum kades Wawonduru ke Kejaksaan Negeri Dompu.

“Selasa kemarin (18/6/2019) kami sudah menyerahkan dokumen laporannya ke Kejaksaan Dompu. Artinya, kami sudah resmi melaporkan AF (oknum kades wawonduru,Red) atas dugaan penyalagunaan ADD/DD sebesar RP 175,660,000 Tahun 2018,” ungkap Bondan, saat diwawancarai di taman kota Dompu, Kamis (20/6/2019).

Baca :   Tersebar ‘Capture’ WA Grup Hoax, Kapolres Bima Kota Geram Namanya Dicatut

Bondan menyebut, dugaan penyalagunaan dana ADD dan DD itu antaralain, dalam hal pembangunan tembok Mushala, Plat deker, Normalisasi sungai, Pemerataan lapangan bola dan penyalagunaan anggaran dalam item pekerjaan lainnya.”Itulah item item persoalan yang kami tuangkan dalam pelaporan kemarin,” bebernya.

Lebih jauh Bondan berharap, kepada APH agar bisa segera menindaklanjuti laporan tersebut.”Semoga laporan kami bisa segera di tangani serius oleh Kejaksaan Negeri Dompu,” harapnya.

Disela waktu, Kejari Dompu melalui Kasi Intel Kejaksaan Negeri Dompu, Ahmad Sulhan SH, secara singkat membenarkan adanya laporan mengenai kasus tersebut.

“Iya betul, kemarin LSM BAPEKA Dompu, memasukan berkas laporan kasus dugaan penyalagunaan ADD/DD Tahun 2018. Salah satu yang dilaporkan adalah oknum Kades Wawonduru (AF,red),” jelas Sulhan, melalui pesan Whatsapp dengan wartawan ini, Kamis (20/6/2019).

Baca :   Terkait Kasus K2, Pelapor : Saat ini Bareskrim Mabes Polri Ada di Dompu

Sulhan menyebut, laporan tersebut tetap ditindaklanjuti sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.”Yang jelas laporan terebut sudah kami tindaklanjuti dengan membuat telaahan,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Wawonduru, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, AF, yang didatangi wartawan ini di kantor Desa Wawonduru, Kamis (20/6/2019)
untuk diwawawancarai terkait adanya laporan tersebut, tidak berhasil ditemui. Karena saat didatangi, yang bersangkutan sedang menghadiri kegiatan lomba kampung KB tingkat Nasional di Desa setempat.

“Maaf, pak Kades (AF,red) tidak ada di kantor desa. Beliu sedang menghadiri kegiatan lomba KB,” tutur salah seorang pegawai di Kantor Desa setempat.(IR3)

BERBAGI