Beranda Peternakan Dompu Targetkan Empat Ribu Ekor Induk Sapi Bunting

Dompu Targetkan Empat Ribu Ekor Induk Sapi Bunting

61
oto istimewa/ inti rakyat/ Kabid Budidaya dan Pengembangan Ternak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakwan) Kabupaten Dompu, Provinsi NTB Suherman S.Pt,

DOMPU, INTIRAKYAT.COM – Dalam rangka mewujudkan program Swasembada Protein awal ternak khususnya daging sapi secara Nasional, perlu terus diupayakan agar terjadi loncatan populasi ternak khususnya sapi di Negara Indonesia.

Kabid Budidaya dan Pengembangan ternak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Provinsi NTB Suherman S.Pt. mengatakan, Populasi ternak di wilayah Dompu diharapkan terus mengalami peningkatan atau terjadi loncatan populasi yang signifikan.

Tahun 2018, Pemda Dompu menargetkan 5.395 ekor induk sapi yang akan bunting dan diharapkan empat ribu ekor sapi bisa lahir. Target tersebut didukung oleh Program Upsus Siwab, sehingga upaya ini merupakan program lanjutan dengan tujuan agar semua sapi indukan yang pada posisi kawin harus dikawinkan.

Baca :   Begini Cara Fermentasi Jerami Padi Dengan Tetes Tebu

“Dalam program ini, peternak diberikan fasilitas pembibitan Sapi betina dengan IB. Untuk mendapatkan hal itu, peternak terlebih dahulu harus mendaftarkan sapinya ke UPTD terdekat,” jelasnya.

Selain memberikan layanan IB secara gratis oleh pemerintah, sapi-sapi indukan yang terdaftar juga diperiksa rutin dan dikawal hingga melahirkan. Dalam kegiatan ini juga dilakukan edukasi ke masyarakat efisiensi pemanfaatan teknologi IB, yang diharapkan kedepan dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat.

IB memiliki efektifitas penggunaan pejantan unggul yaitu sekali ejakulasi mampu menghasilkan 100 bibit, jika dibandingkan kawin alam.”Selain itu, dilihat dari sisi kwalitas, melalui Inseminasi buatan juga dapat dihasilkan sapi yang unggul dan sama seperti perkawinan alam,” jelasnya.

Baca :   Agustus 2018 : Nilai Tukar Petani (NTP) Naik 0.96 Persen

Cara ini juga memiliki tingkat keberhasilan 80 persen. Mengenai total jumlah populasi betina produktif di Dompu mencapai sebanyak 125.290 ekor (populasi tahun 2017) dengan jumlah sapi betina produktif sebanyak 45.930 ekor.

“Antusiasme petani sangat tinggi dalam Program Upsus Siwab ini. Hingga hari juma’at tanggal (2/3) lalu sebanyak 685 ekor Sapi betina yang sudah terdaftar dan sudah dikawinkan sejak bulan Januari Tahun 2018,” Tandasnya.(ADV***)

BERBAGI