Beranda Pembangunan DLH Siapkan 32 Kontainer Sampah

DLH Siapkan 32 Kontainer Sampah

55
Foto ist/www.intirakyat.com Ilustrasi Kontainer sampah

Dompu,intirakyat.com — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu, Provinsi NTB terus mengotimalkan penanganan sampah. Tahun 2018 ini DHL telah memenuhi kebutuhan penyediaan 32 kontainer sampah untuk pelayanan sampah dalam kota.

“Kami sudah menempatkan beberapa unit kontainer di berbagai lokasi dalam kota. Ini kami lakukan agar masyarakat bisa langsung membuang sampah di lokasi yang sudah disediakan,” ujar Kabid Kebersihan, Pertamanan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) DLH Kabupaten Dompu, Syarifudin ST, Rabu (30/1).

Syarif menjelaskan, 32 kontainer tersebut untuk penampungan sementara sampah rumah tangga. “Pelayanan sampah terus dilakukan setiap harinya oleh petugas pengakut sampah,” tuturnya.

Baca :   Pastikan Kelancaran Program TMMD ke 104, Dandim 1614/Dompu Tinjau Lokasi Kegiatan

Menurut Syarif, kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, menjadi penyebab utama rumitnya penanganan sampah di Dompu, kendati sudah disiapkan kontainer, sampah kerap dibuang diluar kontainer.

“Buktinya tempat pembuangan sampah sudah kami siapkan. Tapi masyarakat masih saja membuang sampah di lokasi sungai dan tempat lain yang bukan tempat untuk penampung sampah,” ungkapnya.

Selain kontainer, operasional petugas kebersihan DLH, saat ini telah di dukung oleh sembilan unit armada dan tiga truk amrol. “Satu armada melayani satu kelurahan dan desa. Jadi ada tiga truk amrol yang akan mengangkut sampah yang ada dimasing masing kontainer,” paparnya.

Baca :   Tahun 2018, Mapolres Dompu Tangani 14 Kasus Narkoba

Tak hanya menyiapkan kontainer, DLH juga bekerjasama dengan sejumlah pihak, menggelar gotong royong membersihkan sampah. “Kami pun memasang plang (papan informasi) dilarang membuang sampah sembarangan. Bahkan plang tersebut sudah dipasang diberbagai tempat,” katanya.
Sayangnya papan larangan tersebut belum mampu menggugah masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Syarif berharap prilaku buang sampah sembarangan itu bisa segera berubah. (IR3)

BERBAGI