Beranda Peternakan Disnakkeswan Ajarkan Peternak cara Mengolah Jerami Jagung dan Padi jadi Pakan Ternak

Disnakkeswan Ajarkan Peternak cara Mengolah Jerami Jagung dan Padi jadi Pakan Ternak

58

DOMPU, intirakyat.com – Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Dompu, belum lama ini melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan kepada sejumlah kelompok Peternak. Hal ini dilakukan mereka untuk mengajarkan atau mempraktekan secara langsung tentang cara pengolahan dan pemanfaatan jerami jagung dan padi menjadi pakan ternak.

“Kemarin di lokasi kelompok Bina Baru Desa Adu Kecamatan Hu’u, kami melakukan pengolahan jarami jagung dan padi dengan cata teknologi Amoniasi dan Fermentasi,” ujar Kepala Disnakkeswan Dompu, Ir. Zainal Arifin M.Si, melalui pesan WhatsAppnya dengan wartawan ini, Rabu (6/11/2019).

Baca :   Pendekatan One Health Menjadi Upaya Indonesia Bebas Rabies

Diakui Zainal, kegiatan ini dilakukan oleh pihaknya sejak bulan kemarin. Kegiatannya pun, tidak hanya berlangsung di kelompok Bina Baru, tapi juga di Ni’u Monca Desa Dorebara, Kecamatan Dompu.”Apa yang kami lakukan ini disambut baik oleh para angota kelompok. Bahkan mereka terlihat sangat senang sekali,” katanya.

Zainal menyebut, ternyata setelah kegiatan pelatihan itu dilakukan, ternyata para kelompok menyerap dengan baik apa yang telah diajarkan tersebut.

Bahkan mereka langsung mempraktekan secara mandiri alias melakukan pengolahan jerami jagung dan jagung menjadi pakan ternak.”Alhamdulillah, cara yang kami ajarkan sudah dikuasai oleh para peternak,” ungkapnya.

Baca :   Ini Komitmen Polda NTB

Pencapaian ini pun tambah Zainal, bentuk dari keberhasilan pihaknya, baik itu dalam melatih keterampilan para petani khusunya peternak, juga mengatasi kekurangan pakan pada musim kemarau.

”Hal ini juga adalah bagian meningkatkan nilai mutu jerami padi dan jagung sebagai pakan ternak. Juga bisa membantu mengatasi terjadinya pencemaran lingkungan akibat dari sampah limbah (padi dan jagung) yang selama ini biasanya dibuang begitu saja di pinggir jalan dan dibakar,” Terangnya.(IR3)

BERBAGI