Beranda Pemerintahan Disnak Keswan Gelar Pertemuan Koordinasi Zoonosis Rabies

Disnak Keswan Gelar Pertemuan Koordinasi Zoonosis Rabies

42

DOMPU, intirakyat.com – Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kabupaten Dompu bekerjasama dengan Ditjen Peternakan dan Keswan Kementerian Pertanian RI,
Senin (20/5/2019) menggelar pertemuan koordinasi Zoonosis Rabies.

Kegiatan yang berlangsung di bangunan aula rapat Pandopo Bupati Dompu ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin. Hadir dalam kegiatan ini antaralain, Kepala Disnak Keswan (Disnak Keswan) Kabupaten Dompu Zainal Arifin, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu dan sejumlah Kepala OPD lainnya, Beberapa Kepala Desa, Lurah, Camat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Hadir pula dalam kegiatan ini,
Direktur Masyarakat Veteriner Dirjen Kesehatan Hewan dr Syamsul Ma’rif, dr Hewan Arif wicab sono dan beberapa orang dari Kementerian Kesehatan Pusat.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, melalui penyampaiannya mengatakan, Kasus rabies di Kabupaten Dompu masih menimbulkan korban, terutama kalangan anak anak kecil.”Sampai hari ini kami terus melakukan berbagai penanganan terhadap kasus ini,” ujarnya.

Baca :   Dana Desa Legal Untuk Tangani Stunting

Bupati menyebut, kasus rabies ini ibarat musuh yang sudah teridentifikasi. Musuh itu kata Dia, adalah binatang jenis Anjing.”Kita harus serius menangani kasus ini termasuk terus melakukan berbagai upaya salah satunya mengeliminasi anjing anjing tersebut,” katanya.

Tidak hanya itu, Bupati juga menyebut, Disnak Keswan dan Dikes sampai saat ini masih terus melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya masing masing guna menangani kasus rabies di Kabupaten Dompu.

“Sampai saat ini juga Disnak Keswan juga terus melakukan upaya dengan cara mengeleminasi bintang jenis anjing,” jelasnya.

Bupati meminta, agar semua pihak terutama para Lurah dan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Dompu untuk terus mengambil peran guna menuntaskan kasus Rabies.”Saya minta para Lurah dan Kepala Desa untuk serius menangani kasus ini di wilayah masing masing,” pintanya.

Baca :   Pemilih Golput, Ketua KPU NTB : Itu Karena Faktor Ketidaksukaan

Sementara, Direktur Masyarakat Veteriner Dirjen Kesehatan Hewan dr Syamsul Ma’rif, melalui penyampaiannya juga dalam acara ini mengatakan, kasus rabies yang terjadi di sejumlah daerah ini terus menjadi prioritas dan menjadi perhatian pihak pusat.
“Itulah alasan, kenapa kami hari ini berada di Kabupaten Dompu,” katanya.

Ia berharap, kasus rabies ini yang terjadi di beberapa daerah termasuk di Kabupaten Dompu ini bisa segera dituntaskan.”Kami pihak pusat akan terus berupaya untuk membantu pemerintah daerah dalam menangani kasus rabies,” tuturnya.

Sebelumnya, dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan sesi tanya jawab antara pemateri dari pusat dan propinsi dengan para undangan yang hadir.

Selain membahas berbagai langkah dan penganan kasus rabies ini, juga dibahas mengenai berbagai hasil dan kendala dalam hal penanganan kasus rabies.(IR3)

BERBAGI