Beranda Pemerintahan Dinas Ketahanan Pangan Gelar Festival Pangan Lokal

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Festival Pangan Lokal

13

DOMPU, intirakyat.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, Kamis (3/10/2019) menggelar Festival Pangan Lokal. Festival ini berlangsung dengan tema Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabuapaten Dompu
Acara yang berlangsung di lapangan Beringin kantor Pemda Dompu ini diprakasai oleh jajaran Dinas Tanaman Pangan Dompu.

Dalam acara ini pun, dihadiri Ditjen Pertenakan dan Kesehatan Hewan (PKH) RI, Dr. I Ketut Diarmita MP bersama jajarannya, Kepala Disnakkeswan Provinsi NTB bersama jajaranya, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M Yasin bersama jajarannya termasuk para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Lurah, Ketua PKK Dompu beserta jajarannya dibawah.

Hadir pula dalam momentum ini, Ketua sementara DPRD Dompu, Wakil sementara DPRD Dompu dan beberapa anggota DPRD Dompu lainnya, Kapolres Dompu AKBP Erwin Suwondo S.IK, M.IK, Dandim 1614 Dompu, Letkol Dandim 1614/Dompu Inf Ali Cahyono S.Kom, Kajari Dompu Edhi Nursapto SH, Ketua Pengadilan Negeri Dompu Mukhlassuddin SH, Ketua Pengadilan Agama Ahmad Rifaid SH dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) lainnya.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, melalui penyampaian sambutannya mengatakan, pihaknya merasa bangga bisa berada di lokasi acara ini. Dalam acara ini kata Dia, dirinya bersama yang lainnya bisa mencicipi berbagai makanan hasil karyawan tangan para ibu ibu dan bapak peserta dalam festival ini.“Makanan makanan yang ada disini sangat enak dan lezat. Bahkan tadi sampai saya menghabiskan satu porsi makanan,” katanya.

Baca :   Senam Pagi Aerobik Warnai Gebyar Merah Putih

Bupati menyebut, selama ini orang Kabupaten Dompu mengirim cabe, tomat, kol dan sayuran lainnya melalui wilayah Bima.” Jadi sekarang orang bima hanya punya nama saja alias bawang, sapi dan jagung dari Bima karena dikirim melalui wilayah Bima. Jadi orang mengira yang kita kirim itu berasa dari Bima. Tapi itu tidak apa, terpenting uangnya tetap uang orang Dompu,” ujarnya sembari tersenyum.

Kenapa seperti itu lanjut Bupati, karena Dompu belum memiliki pelabuhan besar seperti yang ada di Bima. Tapi untuk diketahui, bahwa pemerintah sudah membebaskan lahan untuk kebutuhan pembangunan pelabuhan Nusantara di wilayah Kilo Kabupaten Dompu.

”Mudah mudahan tahun depan pelabuhan itu bisa mulai dibangun, sehingga 2021 nanti jagung, sapi, gula, bawang, sayur kol dan lainnya yang kita punya, tidak ada lagi yang dikirim melalui pelabuhan Bima, tapi kita kirim langsung ke jawa dengan melalui Pelabuhan Nusantara Kilo,” katanya.

Baca :   Peresmian Bendungan Tanju, Jokowi Sambangi Rakyat Dompu

Bupati juga menyebut, semua yang ada di Dompu tidak ingin menjadi penjual jagung kecilan. Mengingat sekarang sudah ada tape jagung, mudah mudahan kedepan ada pakan ayam dan lainnya dari jagung Dompu.

“Dan itu rencana kedepan dan ini hanya akan terjadi kalau kita semua tetap bersinergi bekerja bersama sama untuk mewujudkan cita cita dan harapan kita semua,” jelasnya.

Sebelumnya, dalam acara ini menyajikan berbagai makanan dan jajanan berbahan pangan lokal. Bahkan makanan dan jajanan yang disajikan ini dilombakan dengan penilai penilaian khusus oleh panitia. Hasilnya pun, beberapa orang berhasil menjadi juara dengan berbagai kriteria yang dilombakan.

Tidak hanya itu, para juara ini pun masing masing mendapat berbagai hadiah yang sebelumnya sudah siapkan oleh panitia yakni Dinas Tanaman Pangan Dompu. Dan hadiah ini pun, diserahkan secara langsung oleh Bupati bersama beberapa pejabat lainnya.(IR3)

BERBAGI