Beranda Kesehatan Dikes Pastikan Dompu Bebas Virus Difteri

Dikes Pastikan Dompu Bebas Virus Difteri

84

DOMPU, intirakyat .com – Dinas Kesehatan (Dikes) memastikan Kabupaten Dompu bebas dari ancaman virus Difteri. Bakteri yang menyerang selaput lendir pada hidung tersebut belum ditemukan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Sejauh ini di NTB, khusunya di Kabupaten Dompu belum ada kasus (Difteri,red) yang di temukan, kalau di Pulau Jawa memang sudah ditemukan,” jelas Kasi Survelen Imunisasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Siti Nuraini, SKm, belum lama ini.

Meski demikian, lanjut Siti Nuraini, untuk mengantisipasi terjangkitnya virus tersebut, pihaknya akan mulai gencar sosialisasi pencegahan dini. Masyarakat diharapkannya tetap aktif memberikan imunisasi pada bayi dan anak.

Baca :   Info Penting...!!! Jakkad Sudah Dialihkan ke BPJS

“Langkah awalnya, kita akan lalukan pencegahan dini dengan menggelar sosialisasi ke masyarakat, baru nanti dilakukan vaksinasi serentak,” katanya.

Saat ini, pihaknya tengah fokus menangani penyakit berbahaya lainnya yakni Rubela atau Campak. Penyakit tersebut sangat rentan menyerang bayi usia dua bulan ke atas. Selain itu Rubela atau campak ini dikenal sangat berbahaya karena proses penularannya melalui saluran pernapasan yang bisa mengakibatkan lumpuh seumur hidup.

“Saat ini kita juga fokus mengatasi virus Rubela atau campak. Virus ini sangat berbahaya karena, kalau anak tidak divaksin bisa menyebabkan cacat seumur hidup,” terangnya.

Baca :   The hand rail is going a little faster than the moving sidewalk.

Selain itu lanjut dia, virus rubela atau campak merupakan virus yang penularannya sangat cepat.

“Kalau ada bayi yang sakit dan tidak divaksin, kemudian kumpul di satu tempat dengan bayi yang lain, maka bayi yang ada disekitar itu juga rentan terjangkit, bahkan penularannya sangat cepat,” terang Siti Nuraini. (FF07*)

BERBAGI