Beranda Hukum Dadakan, 112 Prajurit Kodim 1614 Dompu Jalani Tes Urin

Dadakan, 112 Prajurit Kodim 1614 Dompu Jalani Tes Urin

96
Anggota BNNK Bima, memeriksa Urin Anggota Kodim 1614 Dompu (poer/intirakyat)

DOMPU, intirakyat.com – Tanpa pemeberitahuan lebih awal 122 orang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalani tes urine Senin (18/12) di Komando Distrik Militer (Kodim) 1624/Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pemeriksaan dadakan tersebut dilakasanakan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bima.

Sebanyak 112 anggota yang terdiri dari Babinsa, Danramil serta anggota yang ada di Makodim, menjalani tes urin. Kegiatan itu dilaksanakan secara mendadak usai pelaksaan apel rutin Babinsa serta Danramil.

“Kebetulan hari ini ada kegiatan apel Babinsa dan Danramil, jadi saya satukan dengan tes urin. Anggota tidak ada yang tau, sengaja ini dilakukan secara mendadak karena kalau disebarkan, nanti mereka (Anggota) punya niat macam-macam lagi,” ungkap Dandim 1614 Dompu Letkol, Czi Arief Hadiyanto, S. Ip, pada sejumlah wartawan.

Baca :   FPT Meninggalkan Sampah di Savana Doro Ncanga, Bupati Akan Pimpin Gotong Royong

Dijelaskan Arief, Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan. Kata Dia, dalam memerangi peredaran Narkoba, dirinya tidak ingin hanya dengan menggelar sosialisasi dan himbauan kepada sekolah maupun masyarakat saja untuk menjauhi Narkoba, namun dalam tubuh TNI sendiri harus lebih dulu dibersihkan.

“Kita tidak mau hanya ngomong keluar saja bahwa kita akan berantas narkoba, akan tetapi kita sendiri harus lebih dulu bersih,” katanya.

Arief mengungkapkan, jika dalan tes urin itu nantinya terbukti ada anggota yang positif menggunakan Narkoba, maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas yakni pengajuan untuk dilakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH). Karena menurut Arief, didalam tubuh TNI sendiri, tidak ada upaya rehabilitasi bagi anggota yang terbukti mengkonsumsi narkoba dalam jangka panjang, lebih-lebih terhadap anggota yang terbukti menjadi pengedar,”

Baca :   Pemda Dompu Genjot Capaian Visi dan Misi

“Sudah jelas perintah dari Komandan Satuan kita, kalau ada anggota yang terlibat narkoba akan pecat,” tegasnya.

Hingga berita ini dirilis, hasil pemeriksaan tes urin belum diketahui, Dandim berjanji akan memberikan keterangan resmi setelah mendapat hasil dari BNNK Bima. (FF07*)

BERBAGI