Beranda Parlemen Bicara Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Secara Mandiri dan Mudah

Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Secara Mandiri dan Mudah

1437
Ilustrasi Pakan Ternak Fermentasi Tebu.

DOMPU,intirakyat.com – Cara membuat pakan ternak sapi bisa dilakukan dengan cara fermentasi pakan. Pakan fermentasi ditujukan memberikan pakan alternative dengan memberikan cairan probiotik.Pakan fermentasi mempunyai keuntungan dapat tahan lebih lama, dan membantu perbaikan pencernaan ternak. Namun umtuk membuat pakan fermentasi masih tetap harus mencari pakan terlebih dahulu kemudian dilah secara metode fermentasi.

Dengan fermentasi masih perlu proses yang panjang untuk menjadi suatu pakan yang siap diberikan ke ternak, maka perlu biaya tambahan khusus untuk mengolah pakan tersebut. Pakan tanpa repot mencari rumput atau pakan hijauan atau lebih dikenal dengan ngarit bisa memanfaatkan jerami kering, gedbog pisang, limbah makanan, macam-macam konsentrat dan sebagainya.

Bahan bahan alternatife itu bisa digunakan sebagai sumber pakan yang bernutrisi tinggi.Bagaimanapun kita tdk bisa mengandalkan sumber pakan hijauan saja. Sumber pakan hijauan akan mudah didapat pada saat musim penghujan. Namun sebaliknya ketika musim kemarau pakan hijauan akan sulit diperoleh.

“Cara membuat pakan sapi dapat dilakukan secara mandiri, dengan bahan yang mudah ditemui, juga dengan harga terjangkau untuk lebih menghebat biaya.Pakan sapi menjadi salah satu faktor utama dalam keberhasilan usaha peternakan. Teknik pemberian pakan sapi harus sesuai atau memenuhi standar gizi, karena banyak yang hanya mementingkan kuantitas pakan saja sementara kualitas pakan sering diabaikan,” kata Kepala Bidang Budidaya Pengembangan Ternak Disnakeswan Dompu, Herman, S.PT., pada media ini.

Oleh karena itu lanjutnya, para peternak harus memaksimalkan pengawetan, untuk mendapat kandungan nutrisi yang tersedia dari bahan makanan hijauan.Agar bisa disimpan untuk jangka waktu yang lama sehingga aman untuk persediaan bahan pakan di musim kemarau untuk ternaknya.

Baca :   Disnakeswan Dompu Ikut Kementan Intensifkan Program Sapi Indukan Wajib Bunting

Cara membuat pakan fermentasi untuk ternak sapi seperti berikut, Potong dengan ukuran kecil – kecil jerami, bisa juga dari gedebog pisang untuk memperlancar proses fermentasi menjadi lebih mudah., Menyiapkan tempat pembuatan yang beralaskan terpal maupun plastik bisa dengan ukuran besar yang bisa digunakan untuk proses pembuatan, Untuk dapat melarutkan tebu ataupun gula pasir dengan air yang sudah ditambah dengan cairan probiotik SOC –HSC, Masukkan bahan jerami, juga dedak serta bekatul di tempat yang sudah disiapkan.

“Siram semua bahan tersebut pada tempat pembuatan dengan memakai larutan gula tadi yang sudah dilarutkantadi dengan menggunakan air Aduk dengan rata semua baha yang sudah disiapkan, Tutup dengan memakai terpal dan menjadi kedap udara Setelah tertutup rata proses fermentasi dari jermi dapat kita tunggu sekitar 1 – 14 hari, sementara bila memakai gedebog pisang prosesnya bisa lebih cepat,” jelasnya.

Cara membuat pakan ternak sapi dengan melalui proses pemberian fermentasi, waktu utama pemberian pakan, sementara siang hari maupun pada sore hari ternak bisa dibari makan rumput ataupun dedaunan berwarna hijau. Untuk mendapatkan ternak sapi yang berkualitas para peternak harus mempunyai standarisasi tertentu misalnya toko atau tempat pembelian pakan maupun tempat runtuk menjual hasil ternaknya.

“Pastikan ciri – ciri fermentasi yang baik diantaranya, Adanya peningkatan pada suhu, Terjadi perubahan pada warna, Bahan yang disiapkan dari yang lapuk menjadi empuk.Cara membuat pakan ternak sapi bisa memanfaatkan rerumputan maupun dedaunan yangbanyak kita temukan dimusim penghujan untuk disimpan sebagai persediaan bahan pakan dimusim kemarau dengan bantuan proses fermentasi,” sebutnya.

Baca :   Cara Mengolah Tongkol Jagung Untuk Pakan Ternak

Dia mengatakan, saat ini para peternak sapi sudah mulai beralih pada pakan ternak instan, karena lebih mudah dan praktis serta dapat menghemat jumlah pekerja. Perubahan situasi ini terjadi seiring dengan perkembangan zaman dimana budaya menanam pakan sudah mulai berubah seiring dengan semakin sempitnya lahan dan mulai susah mencari tenaga kasar.

Metode peternakanpun sudah mulai berubah seiring dengan perubahan jaman yang semakin modern. Sesuai dengan perkembangan tersebut kami ingin mengenalkan peternakan secara modern dimana disini kami ingin mengenalkan Cara membuat pakan ternak sapi tanpa repot dan ribet. Cukup memberikan pakan ternak instan sebagai solusi makin sulitnya memcari pakan hijauan.Pakan ini sudah diteliti secara Klinis di laboratorium Institut Pertanian Bogor jadi tidak ada alasan bahwa kualitas pakan ini tidak baik.

“Pakan ternak instan mempunyai kualitas yang baik karena sudah mempunyai standar dan terkontrol dengan baik.Dengan demikian para peternakkan mendapatkan angin untuk mengembangkan peternakannya tanpa bingung mencari pakan. Keuntungan lainnya adalah komposisi sudah terukur san terstandard sehingga mudah dalam pemberian pakan, tidak lagi binggung dengan komposisi yang berbeda,” ujarnya. (Adv***)

BERBAGI