Beranda Ekonomi Bupati Dompu Terima Penghargaan UHC JKN-KIS

Bupati Dompu Terima Penghargaan UHC JKN-KIS

62
Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin

DOMPU, INTI RAKYAT.COM – Daftar penghargaan Pemerintah Kabupaten Dompu dibawah kepemimpinan Bupati Drs. H. Bambang M. Yasin kembali bertambah menjadi 45 penghargaan. Kali ini, diterima dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berupa penghargaan Univeral Healt Coverage (UHC) Awards JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat).

Penghargaan dari Presiden tersebut di serahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang diterima langsung Bupati Dompu bersama dengan 131 perwakilan dari penerima manfaat JKN-KIS serta 120 perwakilan Daerah dan 4 Provinsi di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Rabu (23/5/2018).

Penghargaan yang diterima ini, atas kebijakan dan Keperdulian Pemerintah Kabupaten Dompu dalam menjamin Perlindungan Kesehatan bagi warga Bumi Nggahi Rawi Pahu berupa sarana dan prasarana kesehatan yang memadai dan didukung melalui pembiayaan Integrasi Peserta JAKKAD ke BPJS Kesehatan.

Baca :   Esek-Esek Disiang Bolong, 3 Pasangan Diluar Nikah Diringkus Polisi

Saat membuka acara, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menekankan agar pelayanan kesehatan tidak boleh mempersulit masyarakat. “Rakyat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan jangan dihambat,” ungkap Jokowi di Istana Presiden yang dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis penghargaan UHC JKN-KIS.

Sementara itu, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin usai menerima penghargaan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elememen pemerintahan yang telah bekerja sama dalam menjamin kesehatan masyarakat Dompu. “Penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras kita semua dan saya berharap kedepan agar pelayanan dan fasilitas kesehatan harus lebih ditingkatkan,” ungkap Bupati.

Status UHC yang disandang daerah ini, dipastikan masyarakat Dompu akan menjadi peserta BPJS secara menyeluruh dan akan berkontribusi terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui kebijakan seperti memperluas cakupan kepesertaan, meningkatkan kualitas pelayanan dan adanya peningkatan kepatuhan.

Baca :   BUPATI Terima Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Terbaik Asia dan BUPATI Paling Inspiratif Dari 7 SKY Media

Kerja cepat Pemerintah Kabupaten Dompu dalam merespon jaminan kesehatan bagi masyarakatnya mematahkan target BPJS Kesehatan bahwa Dompu akan mendapatkan Predikat UHC di tahun 2019. Namun adanya komitmen yang kuat untuk menjamin kesehatan masyarakat, status tersebut mampu disandang di tahun 2018 bersama Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Lombok Utara di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dari data yang diperoleh di Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, bahwa ada 96,12 % atau 207.964 jiwa masyarakat Dompu sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Sedangkan yang belum terdaftar masih ada 8.388 jiwa.(ADV***)

BERBAGI