Beranda Hukum Bupati Dompu Dilapor ke Polda NTB, Ini Penjelasan Pelapor

Bupati Dompu Dilapor ke Polda NTB, Ini Penjelasan Pelapor

843

DOMPU, intirakyat.com – Pasca dilaporkanya Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, ke Mapolda NTB terkait dugaan kasus Kehutanan di wilayah Kabupaten Dompu. Pelapor menyatakan diri akan terus mengawal proses penanganan hukum yang dilakukan oleh Polda setempat.”Saya akan terus berkomitmen untuk mengawal penanganan kasus ini sampai tuntas,” ujar Pelapor, Syarifuddin alias Bimbim (salah seorang aktivis Dompu), saat diwawancarai wartawan ini, Sabtu (26/1/2019).

Dikatakan Bimbim, sejauh ini tepatnya saat dirinya memasukan laporan secara resmi, Polda NTB merespon dengan baik laporan tersebut. Bahkan kata Dia, pihak kepolisian (Polda NTB, Red) langsung menerima berkas yang diserahkan.

“Berkas kemarin diterima langsung oleh pihak SPKT Polda NTB. Dan beliau (salah satu orang di SPKT) menyuruh saya untuk menunggu kabar selama 2 x 24 jam dan mereka berjanji akan menghubungi saya melalui telepon guna pemberitahuan perkembangan kasus yang saya laporkan,” jelasnya mengutip penyampaian pihak SPKT Polda NTB.

Baca :   Dianggap Tidak Adil, PT SMS Didemo Warga

Selain itu lanjut Bimbim, sehari setelah melaporkan kasus tersebut, dirinya pun mendatangi kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) NTB dengan niat untuk bertemu Kadis LHK setempat guna untuk berdikusi dan berkoordinasi.

Namun sayangnya kata Dia, setelah sampai di DLHK NTB ternyata Kadis setempat sedang ada rapat bersama jajarannya.”Karena Kadis LHK NTB sedang sibuk, akhirnya saya diarahkan oleh Satpam DLHK NTB ke ruang Kasi Gakkum setempat,” terangnya.

Diakui Bimbim, dirinya sempat lama berkoodinasi dan hearing dengan pihak DLHK NTB membahas mengenai kasus kehutanan yang dilaporkan tersebut.”Alhamdulillah, mereka (DLHK NTB,red) merespon dengan baik dan mengatakan akan siap jika kepolisian Polda NTB meminta bantuan dalam penanganan kasus tersebut,” tuturnya mengutip hasil hearing dengan pihak DLHK NTB.

Baca :   Kawasan Hutan Dompu di Perkosa ?

Terlepas dari hal itu, menurut Bimbim, kasus ini jelas akan ditangani secara serius oleh Polda NTB walaupun terlapor yakni Bupati Dompu (Drs. H. Bambang M. Yasin,Red).”Saya yakin, Polda NTB profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sebab di mata hukum semua orang sama dan siapapun melanggar pasti tentu akan diproses,” katanya.

Lebih jauh Bimbim menegaskan, Dugaan kasus kehutanan di Dompu yang diduga melibatkan Bupati Dompu (Drs. H. Bambang M. Yasin,Red) yakni merupakan katagori kasus serius yang menimbulkan dampak kerusakan hutan secara parah di Kabupaten Dompu.

“Kita tentu bisa melihat dan menyaksikan sendiri bagaimana kondisi hutan di Dompu saat ini. Padahal sejatinya yang namanya hutan harus dijaga akan kelestariannya dan bukan malah di rusak alasan apapun,” Tandasnya.(IR3)

BERBAGI