Beranda Pemerintahan Bupati Ajak Semua Pihak “lawan” Stunting

Bupati Ajak Semua Pihak “lawan” Stunting

62

DOMPU, intirakyat.com – Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, mengajak seluruh elemen dan para pihak di Kabupaten Dompu untuk melawan stunting. Bupati pun menghimbau untuk melakukan berbagai upaya dan langkah agar Dompu bersih dari kasus stunting.

“Mari kita lawan kasus stunting di Kabupaten Dompu ini,” ajak Bupati, melalui sambutannya dalam acara Rembuk Stunting tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2019 oleh Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu yang berlangsung di Pandopo Bupati Dompu, Kamis (15/8/20190.

Bupati menyebut, data Bank Dunia indonesia peringkat yang ke – 47 Yang menginvestasikan terkait Human Capasity Investment dan Bank Dunia juga menyebutkan 8 sampai 20 Tahun kedepan anak – anak indonesia akan menjadi anak – anak terhebat.”48 Persen bayi yang menderita stunting itu lahir dari ibu muda yang melakukan pernikahan dini,” ungkapnya.

Bupati juga menyarakan, sosialisasi mengenai stunting harus ditingkatkan terutama terhadap remaja putri khusunya di tingkat pelajar SMP dan SMA. Pernikahan dini harus bisa dicegah dan jika tidak bisa maka perlu mencari solusi lain untuk mengatasinya.

Baca :   Pengembangan Lokasi Pariwisata, Pemda Dompu Masih Kurang Perhatian

”Saya harap Puskesmas dan rumah sakit dapat mengecek ulang kondisi Bayi yang lahir 2 atau 3 Tahun belakangan ini dengan harapan agar kita jangan terjebak dengan stunting,” saranya.

Lebih jauh Bupati menegaskan, inti dari kegiatan hari ini harus ada aksi untuk memberikan dampak ataupun efek guna mengurangi kasus stunting di Kabupaten Dompu.”Mari kita sama sama bekerja untuk menuntaskan kasus stunting di daerah ini,” tuturnya.

Disela waktu, Plt. Kepala Bapeda Kabupaten Dompu, Ir. Rasyidin Suryadin, juga mengatakan, kegiatan ini telah disepakati di setiap instansi dan inti dari kegiatan Stunting ini adalah kegagalan asupan gizi pada anak.

”Stunting bisa disebabkan oleh pesimisme terhadap lingkungan maupun gizi pada anak sehingga menghambat perkembanganya. Salah satu kegiatan kita hari ini adalah rembuk SKPD bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut,” katanya.

Baca :   Bangunan Megah Kantor Bupati Dompu "Retak"

Sebelumnya, kegiatan rembuk Stunting tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2019, dihadiri Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, Dandim 1614/Dompu, Letkol Czi Arief Hadiyanto S.IP, Kapolres Dompu AKBP Erwin Suwondo S.I.K, M.IK, Ketua Pengadilan Negeri Dompu Mukhlasuddin SH MH, Kepala Dinas Kesehatan Dompu Hj. Iris Juwita Kastianti, S.Km, Plt. Kepala Bapeda kab. Dompu Ir. H. Rasyidin Suryadin, M, Si, Kadis ketahanan pangan Dompu, H. Rusdin dan Kadis DP3A Dompu, Hj. Daryati K.

Acara ini pun, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, Pembacaan Doa oleh Nasrullah, Laporan Ketua panitia acara yang dibacakan oleh Kadis Kesehatan Dompu, Hj. Iris Juwita Kastianti S.Km.

Kemudian setelah itu, dilanjutkan dengan Pembacaan Komitmen kesepakatan bersama untuk mencegah Stunting di Kabupaten Dompu, Penandatanganan fakta integritas penanganan Stunting di Dompu. Kemudian setelah itu pun, kegiatan diakhiri dengan Penandatanganan BAP penanganan Stunting di Dompu.(IR3).

BERBAGI