Beranda Diskomminfo Bobrok !! Dompu Tempati Peringkat Terakhir Soal Pelayanan Publik

Bobrok !! Dompu Tempati Peringkat Terakhir Soal Pelayanan Publik

230

DOMPU, INTI RAKYAT – Komisi Informasi Publik NTB baru-baru ini mengeluarkan hasil skoring Monev tahun 2018 terhadap Badan Publik Pemerintah Kabupaten Kota di NTB. Kabupaten Dompu menempati urutan terakhir dari 10 Kabupaten Kota se NTB dalam hal pelayanan publik atau Keterbukaan Informasi Pulbik dan di anggap sebagai Kabupaten yang tidak informatif di NTB.

Kepala Pejabat Pelayanan Informasi Daerah (PPID) Utama Dompu, Fahruddin., mengaku tidak paham dengan skoring yang diberikan KIP NTB untuk Dompu. Padahal dalam melayani informasi publik, PPID telah melakukan sesuai aturan yang berlaku atau sesuai dengan Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Baca :   Serius Bantu Korban Bencana Gempa di Provinsi NTB///// Pemda Hentikan Aktivitas Kegiatan Olahraga dan Hiburan HUT Ke73 RI

“Kami sudah berusaha sesuai dengan aturan dalam melayani informasi publik. Kenapa kita dikatakan sebagai Kabupaten yang tidak informatif ini, kami juga kurang tahu,” ungkapnya pada media ini, Rabu (05/12/2018).

Diakuinya, dalam tubuh PPID sendiri terhadap kendala yang mungkin menjadi faktor skoring ini. Diantaranya kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai bidang, minimnya sarana dan prasarana terutama ruangan khusus dan yang paling utama adalah kurang diprioritaskannya anggaran untuk PPID dibawa kendali Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Kendala dipelayanan publik ini terbatas soal SDM, ruangan dan juga anggaran. Itu saya rasa juga menjadi faktor masalah. Karena kita sangat berbeda dengan daerah lain yang alokasi anggarannya cukup baik,” urainya.

Baca :   HAKLI dan PLAN Gelar Konfrensi Sanitasi dan Air Minum

Sebelumnya, KIP NTB mengeluarkan hasil monev skoring terhadap Badan Pelayanan Publik Kabupaten Kota se NTB tahun 2018, Kabupaten yang dianggap sebagai Kabupaten yang sangat informatif adalah Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram. Daerah yang cukup informatif adalah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Sementara untuk Daerah yang kurang informatif adalah Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa Besar dan Kabupaten Lombok Tengah. Daerah yang tidak informatif adalah Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Dompu. (IR7)

BERBAGI