Beranda Hukum BKSDA dan Gakkum NTB Amankan Truk Berisi Kayu Sonokeling

BKSDA dan Gakkum NTB Amankan Truk Berisi Kayu Sonokeling

163

MATARAM, Balai KSDA NTB dan GAKKUM NTB, Kamis kemarin (4/4/2019) sekitar pukul 21.10 Wita, mengamankan Truk Tronton bernomor polisi B 9393 TYW berisi kayu Sonokeling di lokasi Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat NTB. Hal ini dilakukan karena diketahui jumlah kayu Sonokeling yang diangkut tidak sesuai dengan jumlah yang tertera dalam surat.

Kasubag TU BKSDA NTB, mengatakan, pada saat melakukan penjagaan di Pelabuhan Lembar bersama Gakkum NTB, pihaknya menjumpai Truk Tronton Nopol B 9393 TYW yang membawa muatan kayu Sonokeling. Kepada petugas kata Dia, sang sopir menyerahkan dokumen SATSDN untuk di hidupkan.”Namun sebelum petugas menghidupkan SATSDN, petugas melakukan pemeriksaan muatan isi Truk Tronton,” ujarnya, Jumat (5/4/2019).

Baca :   LHP Kasus Dugaan Amoral Ada Sejak Tahun 2014, Tapi Ko Belum Ditindaklanjuti ?

Pada saat terpal mobil dibuka, pihaknya menjumpai muatan kayu sonokeling melebihi dari jumlah di dokumen yang di bawa. Dan itu terbukti kata Dia, pada dokumen tertulis 8,34 m3.”Sedangkan muatan yang dibawa (diangkut) sekira 13 m3 sehingga bisa di simpulkan ada kelebihan muatan lebih kurang 5 m3,” ungkapnya.

Sebelumnya, Muatan Sonokeling ini di bawa dari Sekotong Lombok Barat dengan membawa SATSDN yang di terbitkan BKSDA NTB untuk pemegang izin edar UD ALI. Namun setelah itu, petugas melakukan koordinasi dengan anggota KP3 Pelabuhan Lembar.”Petugas melakukan kesepakatan dengan anggota KP3 Pelabuhan Lembar sehingga di dapat keputusan untuk membawa Truk Tronton ke kantor BKSDA NTB,” jelasnya.

Baca :   KPK Himbau Bupati "lirik" ULP

Mengenai identitas sang supir tronton tersebut tambah Dia, yakni Misno warga lingkungan Kenyeri Nomor 12 A Dempasar.(IR3)

BERBAGI