Beranda Diskomminfo BAPPENDA Capai Target PAD

BAPPENDA Capai Target PAD

47
Kepala Bidang Pajak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenda) Kabupaten Dompu, Arif Hidayatullah SE.

DOMPU, INTIRAKYAT.COM – Kinerja dan kerja keras Bidang Pajak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenda) Kabupaten Dompu dalam menjalankan tugas dan kewajibanya di dunia pajak patut diacungi jempol. Hal itu dibuktikan sejak Tahun 2017 kemarin Bappenda berhasil mencapai target PAD.”Tahun 2017 kemarin, kami Bappenda Dompu berhasil mencapai target PAD senilai Rp 7 Miliar lebih. Sementara target PAD kami hanya RP 7 Miliar,” ungkap Kepala Bidang Pajak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenda) Kabupaten Dompu, Arif Hidayatullah SE, saat diwawancarai wartawan ini diruang kerjanya, Selasa (17/4).

Arif menyebut, di Tahun 2018 ini pihaknya menargetkan dan berkeyakinan bahwa akan mampu mencapai PAD lebih dari target. Sikap optimis ini berani disuarakan karena adanya tambahan sumber-sumber pajak daerah.”Alhamdulillah di tahun 2018 ada penambahan sumber (obyek – obyek) pajak daerah yang baru antaralain pajak air tanah, kos-kosan dan usaha burung sarang wallet,” jelasnya.

Baca :   Pencanangan Kampung KB, Kades Baka Jaya Bacakan Profil Kampung KB 

Diakui Arif, mengenai hutang piutang tunggakan pajak Bappeda Dompu di Tahun 2017 kemarin sudah tidak ada. Hutan itu sudah terbayarkan semuanya kemarin tepatnya di Tahun 2018 ini.”Semua tunggakan (hutang PAD,Red) kami Bappenda ditahun lalu sudah tidak ada dan lunas,” katanya.

Disinggung mengenai sumber (obyek) pajak daerah yang paling tinggi..?

Kata Arif, ada beberapa item obyek pajak daerah nilainya cukup tinggi. Obyek itu salah satunya Pajak Penerangan Jalan (PPJ) PLN sebesar RP 4 Miliar lebih yang langsung masuk ke kas daerah dan obyek catering (biaya makan minum) yang bersumber dari pembayaran pajak (SPJ) oleh OPD-OPD Kabupaten Dompu sebesar Rp 1,4 Miliar yang dibayarkan secara langsung bayar oleh masing – masing bendahara OPD ke Bappenda.”PPJ sebesar Rp.4.290.000.000 dan angka ini naik dari angka sebelumnya hanya Rp 4 Miliar. Begitu juga catering Rp 1,4 Miliar dari angka sebelumnya Rp 1, 3 Miliar,” paparnya.

Baca :   HUT ke 73 RI, Pemkot Gelar Dzikir dan Do'a

Lebih jauh Arif menegaskan, untuk mengukur indokantor kinerja, ketika pihaknya mampu mencapai taget PAD.”Artinya kami di Bappenda mampu mencapai lebih dari target yang ditentukan,” katanya.(ADV/BAPPENDA)

BERBAGI