Beranda Pariwisata Bagikan Sapu Lidi, Kinerja Disbupar ‘Disorot’

Bagikan Sapu Lidi, Kinerja Disbupar ‘Disorot’

61

DOMPU, intirakyat.com – Kinerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Kabupaten Dompu, belum lama ini disorot oleh pemerhati wisata. Sorotan ini mengenai pembagian sapu lidi oleh Disbupar untuk masyarakat pesisir pantai Lakey Kecamatan Hu’u Dompu.

Salah seorang pemerhati wisata Dompu, Rifasrul, kepada wartawan mengatakan, pembagian sapu lidi oleh Disbupar Dompu terkesan tidak ada manfaatnya. Sebab kata Dia, untuk membersihkan sampah dipesisir pantai itu ada alat khususnya yang dikenal dengan sapu pantai.

“Sangat aneh, ko yang dibagikan oleh Disbupar Dompu sapu lidi. Padahal seharusnya sapu pantai,” ujarnya, Selasa (8/1/2019).

Dikatakan Rifasrul, yang namanya sapu lidi itu tidak akan mampu digunakan untuk membersihkan sampah yang ada di atas pasir (bibir pantai). Alat yang seharusnya digunakan itu yakni sapu pantai yang memang khusus untuk membersihkan sampai di sekitar lokasi pantai.

Baca :   Moge Siap ‘Kepung’ Dompu

“Seharusnya Disbupar tahu sapu mana yang harus dibagikan kepada warga untuk membersihkan sampah di lokasi pantai. Bukan malah membagikan sapu lidi,” katanya sembari tersenyum.

Menurut Rifasrul, pembagian sapu lidi oleh Disbupar terkesan seperti pencitraan. Karena kata Dia, sapu lidi tidak akan kuat untuk membersihkan sampah diatas pantai.”Kalau menurut saya, Disbupar hanya mencari sensasi dan pencitraan saja,” tuturnya.

Selain itu lanjut Rifasrul, perhartian Disbupar Dompu terhadap lokasi pariwisata yang ada di daerah ini, masih belum maksimal. Bahkan itu dibuktikan, banyak lokasi pariwisata yang tidak tersentuh oleh pembangunan dan penataan.

Baca :   Proyek Bidang Pariwisata, 12 Rekanan Diperiksa BPK

“Kita mestinya bangga memiliki sejumlah lokasi pariwisata yang indah. Tapi mestinya lokasi lokasi itu harus dikembangkan dan mendapat perhartian pemerintah dalam hal ini Disbupar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disbupar Dompu H. Khairul Insan, yang didatangi wartawan ini di ruang kerjanya (kantor Disbupar), Selasa (8/1/2019) guna untuk dimintai tanggapan terkait adanya sorotan dari pemerhati wisata, tidak berhasil ditemui lantaran saat didatangi yang bersangkutan sedang tidak ada ditempat.”Pak Kadis tidak ada, beliau sedang keluar,” ujar salah seorang pegawai Disbupar Dompu.(IR3)

BERBAGI