Beranda Sosial Budaya Antisipasi Prilaku ‘Bunuh Diri’, Kades Dorokobo dan Toga Gelar Yasinan

Antisipasi Prilaku ‘Bunuh Diri’, Kades Dorokobo dan Toga Gelar Yasinan

31

DOMPU, INTI RAKYAT – Dalam rangka mencegah dan menghindari tindakan bunuh diri yang akhir akhir ini terjadi di wilayah Kabupaten Dompu, Kepala Desa (Kades) Dorokobo, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu bersama Tokoh Agama (Toga), Minggu kemarin (24/3) menggelar yasinan.

Yasinan yang berlangsung di Masjid dan Musholla ini, diikuti oleh puluhan pemuda dan masyarakat Desa Dorokobo setempat.”Yasinan bersama ini segaja kami laksanakan untuk memberikan pemahaman agama dan memperkuat ketakwaan serta keimanan kepada Allah SWT,” ujar Kades Dorokobo, Kecamatan Manggelewa, Dompu, Taufik.

Dikatakan Taufik, Yasinan ini akan dilakukan secara rutin di sejumlah Masjid dan Musholla yang ada di Desa Dorokobo. Hal ini juga dilakukan laniut Dia, guna menyikapi berbagai kejadian bunuh diri di kalangan remaja yang terjadi belum lama ini di Kabupaten Dompu.

Baca :   Terkait Anggaran 42 Miliar dan Penyaluran Bibit Jagung, STAIL dan LMAK Demo Koperasi DTS

“Apa yang kami lakukan ini untuk menghindari tindakan tindakan yang dilarang agama termasuk sikap bunuh diri. Selain itu juga,
untuk menghindari pengaruh bisikan iblis dan gangguan gaib serta perbuatan – perbuatan lainya
diluar ajaran agama,” jelasnya.

Ditambahkan Taufik, selain yasinan bersama, pihaknya juga rutin melakukan sosialisasi melalui ceramah agama dan pendidikan islamia. Baik itu kata Taufik, dilakukan di Masjid dan Musholla, juga pada saat acara – acara pertemuan di lingkungan Desa Dorokobo. Selain itu itu, sambung Dia, pihaknya juga bersama masyarakat melakukan makan bubur (ngaha kawiri/sebutan dalam bahasa daerah Dompu dan Bima),setiap hari Jumat.

Baca :   Siswa SDN 05 Dompu Viral,Ternyata Cucu Sang Kakek

“In Sha Allah dengan cara ini kejahatan dan pengaruh iblis yang ada di kampung akan lenyap, sehingga manusia khusunya para remaja bisa terhindar dari tindakan bunuh diri,” terangnya.

Terlepas dari hal itu, Taufik selaku Pemerintah Desa Dorokobo mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemuda Desa Dorokobo agar selalu mengamalkan nilai – nilai agama seperti diajarkan dalam islam.”Mari kita perkuat ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT,” ajaknya.(IR3)

BERBAGI