Beranda Pendidikan Antisipasi Kenakalan Remaja, Dikpora Dompu Himbau Orang Tua Perketat Pengawasan

Antisipasi Kenakalan Remaja, Dikpora Dompu Himbau Orang Tua Perketat Pengawasan

90

DOMPU, intirakyat.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, menghimbau kepada masing masing orang tua agar meningkatkan pengawasan terhadap anak anaknya. Hal ini bertujuan agar anak-anak terutama dibawar umur tidak terjerumus dalam pergaulan bebas serta tindakan lainnya.

“Kami minta kepada orang tua, agar mengawasi dan membina anak anaknya terutama saat berada diluar dan bergaul bersama teman temannya,” pinta Kepala Dikpora Dompu melalui Sekertaris Dikpora Dompu, Abdul Sahid SH, saat diwawancarai wartawan ini diruang kerjanya, Senin (11/2/2019).

Abdul menyebut, saat ini Dompu kerap kali terjadi atau muncul kasus – kasus yang melibatkan pelajar atau anak dibawah umur. Baik itu kata Dia, kasus bunuh diri, pekelahian hingga aksi pemanahan yang menimbulkan korban jiwa.
“Ini adalah bukti potrer masih kurangnya kesadaran para orang tua dalam mengawasi pergaulan anak anak,” katanya.

Ditengah dinamika yang ada, apa langkah Dinas Pendidikan (Dikpora) guna mengantisipasi kenakalan remaja ? Diakui Abdul, pihaknya bersama jajaran sekolah SDN dan SMPN di Kabupaten Dompu selama ini tetap memberikan pembinaan kepada para siswa, baik itu pada saat KBM maupun lewat kegiatan lainnya.

Baca :   Belum Dioperasi, Perut Anak Mbawi Ini Makin Membesar

“Dinas Pendidikan dan Sekolah termasuk guru tetap bekerja keras untuk memberikan pembinaan guna membentuk krakter siswa yang baik,” jelasnya.

Menurut Abdul, pembinaan terhadap para siswa, tidak hanya bisa dilakukan oleh jajaran pendidikan. Akan tetapi kata Dia, perlu peranan serius para orang tua dalam hal mendidik anak anaknya pada saat berada di rumah.

“Mari kita semua orang tua mengajarkan kepada anak anak kita untuk meningkatkan nilai ketakwaan kepada Allah SWT. Termasuk mengajaknya untuk tidak meninggalkan shalat 5 waktu. Sebab kalau pembinaan di sekolah pada saat kegiatan KBM itu saya rasa tidak cukup jadi perlu ada peranan orang tua,” paparnya.

Tapi terlepas dari hal itu lanjut Sahid, pihaknya akan terus berusaha untuk meningkatkan mutu dan nilai nilai pendidikan di Kabupaten Dompu ini. Termasuk menghimbau kepada sekolah SDN dan SMPN di Dompu untuk meningkatkan kegiatan kegiatan Imtaq atau yasinan bersama sekolah pada saat hari Jumat.

Baca :   Keberkahan Bulan Puasa, Polres Bagikan Takjil ke Masyarakat

“In Sha Allah, dalam waktu dekat saya akan membahas mengenai perlunya peningkatan nilai nilai keagamaan dan ketakwaan dengan Kepala Dinas Dikpora (H Ichtiar Yusuf SH) di sekolah pada saat hari jumat. Bila perlu pada saat memasuki shalat 5 waktu para siswa diwajibkan untuk shalat berjamaah di mushala sekolah,” terangnya.

Lebih jauh Sahid menegaskan, mungkin dalam waktu dekat pihaknya akan mengeluarkan surat himbauan kepada sekolah di dompu untuk meningkatkan kegiatan kegiatan keagamaan pada hari jumat.”Saya akan membahas dulu mengenai ini dengan pimpinan (kepala dikpora). Kalau memang sudah rampung, pasti surat himbauan itu akan segera dikeluarkan,” Tandasnya.(IR3)

BERBAGI