Beranda Pemerintahan Anak Usia 0-17 Tahun Wajib Miliki Kartu Identitas Anak

Anak Usia 0-17 Tahun Wajib Miliki Kartu Identitas Anak

29

DOMPU, INTI RAKYAT – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dompu mewajibkan anak yang berusai 0-17 tahun untuk memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Ini berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 2 tahun 2016 tentang Identitas Anak.

Meskipun baru diberlakukan pada tahun 2019 mendatang, program KIA ini telah dicanangkan sejak tahun 2017 lalu dan baru 60 orang anak yang telah diterbitkan KIA nya.

“Fungsi KIA ini sedikit mirip dengan KTP, kegunaannya untuk urusan pendidikan seperti terima bantua, urus administrasi Bank dan lainnya,” kata Kadis Dukcapil, Dra. Hj Ratnasari., saat ditemui media ini Senin (03/12/2018).

Baca :   Lift Kantor Pemda Rusak ?

Untuk mengurus atau memperoleh KIA, anak diwajibkan untuk memiliki Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) serta pas foto yang telah ditentukan.

“Untuk anak usai 0-5 tahun KIA nya tidak pakai foto. Sementara anak usia 5-17 tahun menggunakan foto. Tidak dilakukan perekaman hanya dipake foto manual atau foto biasa yang ditempel pada kartu KIA,” ujarnya.

Dikatakannya, di Kabupaten Dompu anak yang wajib memiliki KIA sebanyak 65 ribu orang. Jumlah tersebut cukup banyak dibanding jumlah yang telah memiliki KIA yang hanya sebanyak 60 orang.

Baca :   WABUP : Jadikan Anak Dompu Generasi Genius, Beriman dan Berilmu

Untuk memenuhi kewajiban anak memiliki KIA, Dukcapil Dompu akan melakukan sistim pendampingan atau penggandengan. Misalnya saat ada warga yang mengurus Akta Kelahiran atau Kartu Keluarga akan diminta untuk mengurus KIA.

“Kita akan gandeng warga yang datang membuat Akta kelahiran dan Kartu Keluarga untuk membuat KIA nya. Nanti setelah usai, 17 tahun, KIA akan diganti dengan KTP E,” jelasnya. (IR7).

BERBAGI