Beranda Parlemen Bicara 30 DPRD Kabupaten Dompu Dilantik

30 DPRD Kabupaten Dompu Dilantik

192

DOMPU, intirakyat.com – Sebanyak 30 orang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu hasil pemilu Tahun 2019 resmi dilantik, Senin (30/9/2019). Mereka yang dilantik akan melaksanakan tugas selama priode 2019-2024.

Proses pelantikan berlangsung di lapangan beringin kantor Pemda Kabupaten Dompu, dihadiri Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, Wakil Bupati Dompu Arifuddin SH, Sekda Dompu H Agus Bukhari SH M.Si, Para pimpinan OPD beserta jajarannya se-Kabupaten Dompu, Camat, Lurah, Kades se-Kabupaten Dompu.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Dandim 1614/Dompu Inf Ali Cahyono S.Kom, Kapolres Dompu AKBP Erwin Suwodo S.IK, M.IK, Kajari Dompu Edhi Nursapto SH, Ketua Pengadilan Negeri Dompu Mukhlassuddin SH, Ketua Pengadilan Agama Ahmad Rifaid SH, Kasdim 1614/Dompu Mayor CZI Edi Gustaman, Wakapolres Dompu Kompol Nurdin Sennang bersama jajaran di Mapolres Dompu, Ketua MUI Kabupaten Dompu DR, H. Abdulah Arsyad, Pimpinan KPU Dompu, Bawaslu Dompu, Organisasi Pemuda dan Wanita Dompu, Tokoh Agama, Masyarakat se-Kabupaten Dompu.

Selain 30 anggota dewan terpilih priode 2019-2024 yang dilantik, juga terlihat bersama keluarga dan kerabat serta puluhan masyarakat Kabupaten Dompu. Bahkan 30 anggota DPRD priode 2014-2019 pun hadir.

Rapat paripurna istimewa dalam rangka pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Dompu masa priode 2019-2024 dipimpin dan dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Dompu priode 2014-2019 Yuliadin S.Sos.

Ketua DPRD Kabupaten Dompu priode 2014-2019 Yuliadin S.Sos, melalui penyampaianya dalam acara tersebut mengatakan, para wakil rakyat dituntut untuk memahami aspirasi masyarakat yang tumbuh dan berkembang. Pengembangan kehidupan demokrasi, keadilan lebih mampu memelihara kemitraan diantara lini pemerintah.

Dalam rangka penyelengaraan pemerintah otonomi sesuai dengan undang undang nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah, bahwa lembaga DPRD tetap memposisikan kedudukanya setara dan bersifat kemitraan dengan pemerintah daerah.

Karena itu, kedua lembaga ini telah secara sinergi dapat melaksanakan tugas dengan baik, saling mendukung dan memberikan informasi serta koreksi koreksi positif bagi penyelenggaraan tugas pemerintah daerah.

Dengan teselenggaranya rapat paripurna istimewa DPRD hari ini, serangkaian pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD priode 2019-2024 adalah merupakan akhir pengabdian keanggotaan pihaknya massa jabatan priode 2014-2019 dan sekaligus merupakan awal pengabdian keanggotaan DPRD masa jabatan 2019-2024.

Selama masa pengabdian, selaku anggota DPRD tentu telah melaksanakan berbagai tugas sesuai fungsi DPRD, baik fungsi pengawasan, anggaran dan pembentukan Perda. Lalu tugas dan fungsi dimaksud tentu telah menghasilkan berbagai kegiatan dan produk DPRD antaralain, Keputusan DPRD dan pimpinan DPRD meliputi Peraturan Daerah sebanyak 49 Raperda, Keputusan pimpinan DPRD sebanyak 46 keputusan, berbagai rekomendasi baik sebagai saran dan masukan atas tindaklanjut fungsi pengawasan dewan maupun rekomendasi atas penyampaian aspirasi masyarakat pada pemerintah daerah dan hal lainnya yakni sejumlah hasil kegiatan alat kelengkapan DPRD dan kegiatan badan musyawarah badan kehormatan, anggota, pembentukan Perda maupun komisi komisi DPRD yang semuanya tertuang lebih lanjut dalam sidang DPRD.

Terlepas dari hal itu, pihaknya menyadari sebagai manusia biasa tentu memiliki keterbatasan dan kemampuan yaitu masih banyak berbagai rumusan yang belum dapat terselesaikan termasuk berbagai tuntutan dan aspirasi serta pelayanan pihaknya kepada masyatrakat.

“Tapi kami yakin dan tau pasti bahwa saudara saudara kita (30 anggota DPRD priode 2019-2024) yang akan diambil disumpah janjinya sebagai anggota DPRD adalah kader kader terbaik pilihan rakyat dan pasti akan mampu berbuat yang terbaik bagi kemajuan daerah Kabupaten Dompu,” katanya.

Ditambahkan Yuliadin, dirinya bersama anggota DPRD lainnya masa jabatan 2014-2019 menyampaikan terimakasih kepada Bupati Dompu dan FKPD Dompu serta seluruh jajaranya, atas kerjasama yang terjadi secara baik selama ini dalam mendukung pelaksanaan tugas dan tanggungjawab pimpinan dan anggota DPRD dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

“Kami meminta maaf kepada semua pihak terutama masyarakat Dompu, tentu selama ini kami melaksanakan tugas di lembaga yang terhormat dijumpai kekurangan serta tindakan dan ucapan kami baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Melalui momentum ini kami mohon pamit dan mohon diri dengan harapan sehingga kita semua tetap mendapat petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT,” tuturnya.

Baca :   Bupati Ingatkan ASN Tingkatkan Pelayanan Publik

Usai ini pun dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Gubernur NTB nomor 171.3/676 Tahun 2019 tentang peresmian pemberhentian anggota DPRD Kabupaten Dompou masa jabatan (priode) 2014-2019 dan Peraturan Gubernur NTB nomor 171:/677 Tahun 2019 tentang peresmian pengakatan anggota DPRD Kabupaten Dompu masa jabatan 2019-2024. Setelah itu dilajutkan dengan, pembacaan keputusan tentang pimpinan sementara DPRD Kabupaten Dompu.

Kemudian setelah ini, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kabupaten Dompu masa jabatan (priode) 2019-2024 yang dilanjutkan dengan penyerahan pimpinan DPRD dari pimpinan DPRD lama kepada pimpinan sementara DPRD secara simbolis yang ditandai dengan penyerahan Palu pimpinan DPRD.

Disela waktu, Ketua sementara DPRD Kabupaten Dompu, Andi Bahtiar, melalui penyampaiannya juga mengatakan, baru saja telah semua ikuti pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 dan penyerahan palu pimpinan dari pimpinan lama kepada pimpinan sementara DPRD.

Sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada. Hal pimpinan DPRD belum terbentuk, maka DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD yang terdiri atas satu orang Ketua dan satu orang Wakil Ketua yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua berdasarkan hasil musyahwarah oleh wakil partai politik yang memperoleh kursi terbanyak sama di DPRD.

“Kami untuk sementara diberikan mandat memimpin DPRD, maka perkenankan kami pada kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dompu yang telah berpatisipasi aktif dalam pemilu 2019, sehingga berlangsung sesuai dengan harapan kita semua,” ujarnya.

Rasa terimakasih juga lanjut Andi, pihaknya kepada anggota anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 atas segala upaya dan dedikasinya dalam rangka menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat serta melaksanakan tugas tugas legisltaif lainnya yang tentunya tidaklah ringan.

“Kami juga berterimakasih kepada seluruh anggota KPU dan jajaran penyelenggara pemilu sampai KPPS yang telah melaksanakan tahapan pemilu dengan baik, walaupun tidak dapat dipungkiri masih terdapat kekurangan. Terimkasih juga kepada jajaran Bawaslu yang telah berupaya mengawasi agar pemilu berjalan sesuai dengan aturan aturan yang telah ditetapkan,” katanya.

Lebih jauh Andi menambahkan, terimakasih juga kepada Bupati dan Wakil Bupati serta jajaran esekutif dan aparat keamanan TNI dan Polri yang telah menciptakan suasana yang kondusif, sehingga pemilu dapat terlaksana dengan baik aman, jujur dan adil.

“Menyadari tugas dan fungsi pimpinan sementara DPRD, sesuai peraturan adalah memimpin rapat DPRD, melakukan pembentukan fraksi fraksi dan pembentukan pimpinan definitif, dengan demikian tentu diharapkan kepada kita semua agar beberapa tugas dan fungsi yang diemban selama pimpinan sementara ini dapat kita selesaikan dalam waktu yang relatif singkat,” ucapnya.

Mengawali tugas dan tanggungjawab sebagai pemimpinan dan anggota DPRD sambung Andi, yang merupakan representasi masyarakat Dompu, tentu dipundak wakil rakyat ada titipan amanah dan harapan dari rakyat untuk sebuah tatanan kehidupan yang lebih baik, untuk masyarakat Dompu yang sehat, cerdas, sejahtera dan relijius dengan dilandasi semangat Nggahi Rawi Pahu (Dompu).

“Mari kita renungkan sejenak, masa lalu melihat masa kini dan menatap kedepan hari esok yang lebih baik, bagi masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu. Dengan harapan agar Kabupaten Dompu mampu menjadi Kabupaten unggulan, sehingga mampu bersaing ditingkat regional NTB maupun di level Nasional. Tentu saja ini semua harus dilandasi dengan semangat kebersamaan diantara kita. Bersatu kita teguh, Bercerai kita runtuh, tentu kerja keras dan keikhlasan dalam pengabdian serta yang tidak kalah pentingnya adalah iringan doa dari seluruh masyarakat Dompu, sehingga kami mampu mewujudkan cita cita dan harapan kita bersama,” ajaknya.

Disela waktu juga, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, melalui pembacaan amanat Gubernur NTB, menyampaikan, Gubernur NTB mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Dompu yang telah mengucapkan sumpah dan janjinya dan selamat mengemban tugas dan amanah rakyat. Rakyat telah memilih dan memberi kepercayaan untuk menjadi wakilnya, menyuarakan kepentingan dan aspirasi masyarakat, mewujudkan regulasi yang tepat dan bermanfaat, menentukan kebijakan fiscal daerah serta fungsi pengawasan dalam mengawal pemerintah dan pembangunan Kabupaten Dompu yang dibanggakan bersama.

Baca :   Mei 2018 : Nilai Tukar Petani (NTP) Naik 0,61 Persen

Pemilu serentak Tanggal 17 April 2019 kemarin, telah terlaksana dengan baik dan sukses. Alhamdulillah, semuanya mampu melaksanakan kompetisi politik dengan penuh etika dan kedewasaan. Ciri khas demokrasi yang harus dibangun, sehingga hari ini seluruh perbedaan yang terjadi dalam masa masa kampaye pemilu kemarin harusnya telah dihilangkan.

“Jangan sampai proses politik yang lalu mengaburkan kejernihan dan akal sehat, mengorbakan persaudaraan dan persahabatan diantara kita. Apalagi Kabupaten Dompu memiliki motto mulia dan progresif Nggahi Rawi Pahu,” ujarnya mengutip amanat Gubernur NTB.

Motto Nggahi Rawi Pahu, telah melekat dalam hidup masyarakat Dompu dalam membentuk kepribadian yang menjulang tinggi nilai nilai ahlak dan moral, sebuah semboyan yang mengingatkan konsisten mewujudkan apa yang diikrarkan dengan sikap dan perbuatan.

Semangat inilah, yang diperlukan sebagai pendorong dalam membangun daerah menuju kemajuan untuk kemakmuran masyarakat. Cita cita mulai yang terpatrikan dalam moto nggahi rawi pahu, akan bisa optimal dilaksanakan jika amanah yang diemban disinergikan dengan esekutif dan setingkatnya.

“Seluruh stakeholder membangun lainnya, in shaa Allah, cita cita mewujudkan Kabupaten Dompu yang maju dan sejahtera akan sejalan dengan cita – cita membangun NTB yang gemilang yakni mewujudkan masyarakat NTB, dimana hidup dan kehidupan masyarakatnya dipenuhi hikmah dan keberkahan,” katanya.

Membangun Kabupaten Dompu, harusnya mampu selaras, harmonis dan bersinergis dengan program program unggulan NTB Gemilang. Seperti refitalisasi posyandu keluarga, pengembangan desa wisata, industrialisasi komuditas pertanian serta program program unggulan lainnya.

Terpilihnya, anggota DPRD masa jabatan 2019-2014 tentulah bukanlah akhir dari sebuah perjuangan, tapi justru merupakan langkah awal berhikmat menyelesaikan berbagai permasalahan yang masih mendera ditengah masyarakat. Menuntaskan berbagai tantangan yang masih membelenggu daerah ini terlebih saat ini, Kabupaten Dompu tengah membangun berusaha menyongsong masa depannya yang lebih cerah.

“Permasalahan dan tantangan yang dihadapi akan semakin beragam dan diharapkan dapat dengan jeli dan cerdas melihat berbagai persoalan yang ada serta dengan cara pandang yang konstruktif mampu menyelesaikan persoalan persoalan tersebut,” jelasnya.

Prestasi yang telah diraih para wakil rakyat terdahulu, dalam membangun Kabupaten Dompu, hendaknya bisa menjadi spirit dan motivasi bagi wakil rakyat yang baru untuk dapat dipertahankan. Bahkan dapat ditingkatkan menjadi prestasi yang lebih gemilang yang lebih baik diwaktu waktu yang akan datang.

“Kita semua berkeyakinan bahwa seluruh anggota dewan terpilih adalah orang orang yang terbaik dan yang memiliki etika dan kesungguhan untuk tampil berhikmad membawa suara dan amanah rakyat, bekerja dan menyumbangkan seluruh kemampuan terbaik bagi kemaslatan daerah ini,” terangnya.

Dengan berbagai potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Dompu, baik itu potensi pariwisara, pertanian, perternakan dan lainnya membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas bersama untuk mengkolaborasikannya agar bisa membawa kemanfaatan yang besar bagi hajat hidup segenap lapisan masyarakat Kabupaten Dompu. Serta mendukung percepatan pembangunan propinsi NTB.

“Semoga amanah yang dititipkan rakyat kepada anggota DPRD dapat dilaksanakan dengan baik sebagai dedikasi dan rasa tanggungjawab merakyat. Memiliki visi pembangunan yang mampu merangkul seluruh aspirasi masyarakat. Mudah mudahan figur yang telah dilantik hari ini akan memberi secercah harapan cahaya diujung trowongan kelihatan terang benderang, jika kita memaknai amanah dengan baik dan benar,” harapnya.

Sebelumnya, berdasarkan liputan langsung wartawan ini dalam acara tersebut menyebutkan, 30 orang DPRD Kabupaten masa kerja 2019-2024 yang diambil sumpah dan janjinya antaralain, Rahmad Safiudin SH (PKB), Ismanto (Gerindra), Muhammad Satria Irawan (Golkar), Ir Muttakun (Nasdem), Pahlawan Indra Jaya SE (Nasdem), Muhammad Rasid Ridho (Berkarya), Iskandar (PKS), Muhammad Subahan SE (PPP), Suharlin ST (PAN), Ir Rahmadin S.Pdi (Demokrat), Nadiran SE (PBB), Muhammad Amin S.Pd (PKB), Syarifuddin S.Pt (Gerindra), Nurahmi (PDIP), Ade Pribadi SH (Golkar), Muhammad Iksan S.Sos (Nasdem), Adi Rahmat (PPP), Yatim (Demokrat), Alfian Putra Setia (PKB), Jamaluddin S.Sos (Gerindra), Abdul Fakah (Golkar), Kurniawan Ahmadi (Hanura), Sirajuddin S.Sos (Demokrat), Dahlan (PBB), Dina Imayanti (PKB), Lambi Matasai Debaksi SH (Gerindra), Andi Bahtiar (Nasdem), Ir Irfan (PKS), Ahmadin (PPP) dan Suhaimin SH (Hanura).(IR3)

BERBAGI